Seminar Motivasi Hari Guru Nasional Tahun 2021 Kementerian Agama Kota Balikpapan

Rabu, 01 Desember 2021 | 13:40       Dibaca 46 kali

Seminar Motivasi Hari Guru Nasional Tahun 2021 Kementerian Agama Kota Balikpapan

Balikpapan (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan H. A. Johan MRP., S. Ag., M. M., menghadiri Seminar Motivasi dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional 2021 Kementerian Agama (RA, MI, MTs, dan MA) Kota Balikpapan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE., ME., di Gedung Kesenian Balikpapan, Selasa (30/11/2021).?

Hadir pada kegiatan ini Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE., ME., Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Ibu Sinta Ningsih, SEI., Ketua Panitia Hari Guru Nasional 2021 Kementerian Agama Kota Balikpapan Suri Irawan, S. Pd., Bapak/Ibu Pengawas, Kepala, dan Guru dari RA, MI, MTs, MA dan PAI se-Kota Balikpapan.

Dalam sambutan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan H. A. Johan MRP., S. Ag., M. M. menyampaikan bahwa tahun lalu adalah tahun yang penuh ujian. Semua orang tersandung dengan adanya pandemi. Guru dari Sabang sampai Merauke terpukul secara ekonomi, terpukul secara kesehatan, dan terpukul secara batin.

“Guru mau tidak mau mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan mereka tidak ketinggalan pelajaran. Guru mau tidak mau mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal. Guru mau tidak mau menyederhanakan kurikulum untuk memastikan murid mereka tidak belajar di bawah tekanan,” ujar H. A. Johan MRP., S. Ag., M. M.

Guru di seluruh Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian, dan kehilangan disiplin. Tidak hanya tekanan psikologis karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), banyak guru mengalami tekanan ekonomi untuk memperjuangkan keluarga mereka agar bisa “makan”. Sangat wajar jika dalam situasi ini banyak guru yang terdemotivasi. Tapi ternyata ada fenomena yang tidak terkira, beliau sama sekali tidak mendengar kata “putus asa”.

“Saya mendengar banyak guru yang melakukan terobosan-terobosan yang mereka inginkan di sekolah mereka. Mereka bersemangat membahas platform teknologi yang cocok dan tidak cocok untuk mereka. Dengan penuh percaya diri. Di situlah saya baru menyadari bahwa pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan. Guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan, dan kami mendengar.” tutup H. A. Johan MRP., S. Ag., M. M.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE., ME menjelaskan bahwa strategi peningkatan kualitas SDM dilakukan dengan cara meningkatkan mutu pendidikan.

“Kita memahami bahwa pendidikan merupakan Human Investment yang menjadi salah satu indikator penentu kualitas kemajuan sebuah negara,” ujar H. Rahmad Mas’ud, SE., ME.

Sejak pandemi, tenaga pendidik dituntut untuk berinovasi dan kreatif serta cepat beradaptasi terhadap teknologi. Mengingat pandemi banyak mengubah tatanan kehidupan. Sehingga secara cepat tenaga pendidik harus beradaptif dengan teknologi dalam metode pembelajaran.

Wali Kota juga mengajak para Guru untuk bersama-sama mampu berbuat dan bermanfaat serta berguna untuk bangsa dan Kota Balikpapan.

"Kita juga harus menyukuri apa yang diberikan, agar ke depan bisa lebih baik lagi membangun pendidikan di Kota Balikpapan," urainya di depan ratusan guru.

Ia menyampaikan selamat mengikuti motivasi karena guru menjadi ujung tombak untuk anak didiknya. Ditambah tantangan perkembangan zaman yang serba digital seperti saat ini.

“Yang pertama tentu membekali anak-anak kita dengan pendidikan karakter,” tutup H. Rahmad Mas’ud, SE., ME.

Diakhir kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan H. A. Johan MRP., S. Ag., M. M., memberikan secara simbolis penghargaan dari Kementerian Agama dan Persatuan Guru Madrasah Kota Balikpapan kepada Pemerintah Kota Balikpapan atas Dukungan dan Kepeduliannya terhadap Pendidikan RA dan Madrasah di Kota Balikpapan yan diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE., ME. (Ruhin)

Kontributor : Masruhin
Editor : Ruhainah