Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) MTs Se-Kota Samarinda

Kamis, 02 Desember 2021 | 08:21       Dibaca 97 kali


Samarinda (Humas) - Sebanyak 38 Kepala Madrasah wilayah Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kota Samarinda mengikuti pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Madrasah Tsanawiyah. Pelatihan itu berlangsung di MTs Negeri Samarinda sejak tanggal 02 – 17 Desember 2021.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Jurait, S. Ag., MH mewakil Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda yang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Dra. Hj. Rahmi Roihana, M.Pd.I., dalam sambutannya mengapresiasi dan memyambut baik kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah ini. Lebih jauh dijelaskan bahwa Ada beberapa program dari Kemenag Kota Samarinda, baik itu di KUA Kecamatan dan di Madrasah Negeri maupun Swasta, agar melaksanakan Pola Kerja : Setia, Taat, Musyawarah, dan Jujur.

Jurait juga mengajak agar menjadi ASN yang sumringah, pegawai yang bergembira, riang tetapi usul kita juga dimaksudkan sebagai kepanjangan dari affirmative, sistemic, dan networking team (santun melayani, rasa ikhlas mengabdi untuk amal dan ibadah).

Selain pola kerja, disampaikan juga bahwa guru sebagai figur yang ditiru harus memberi teladan sifat moderat dalam beragama, yaitu sifat yg berdasarkan prinsip adil dan seimbang dalam mempelajari, memahami dan melakasanakan ajaran agama.

Menurutnya, dari ketiga sosok yang paling strategis dalam pegembangan madrasah menuju madrasah yang baik adalah keberadaan Kepala Madrasah. “Kepala Madrasah memiliki peran penting dalam menjamin keberlangsungan proses pembelajaran peserta didik, baik dari aspek proses, pelaksanaan, evaluasi dan supervisi akademik, sehingga Madrasah akan menjadikan peningkatan prestasi belajar peserta didik menjadi target utama dalam outcome pembelajaranya,” sebut Jurait.

Adapun undangan Pembukaan Kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) dihadiri Pengawas MTs Kemenag Kota Samarinda  H. Basri dan H. Abdul Manaf., Kepala MTs. Negeri Sugiannor, S.Pd., dan Narasumber Dr. H. Suwito, M.Pd. (han)

Kontributor: Humas Kemenag Samarinda
Editor: Windy Adi Rumawan