Bahas Strategi Peningkatan PBM di Madrasah, Kakankemenag Terima Kunjungan Tanoto

Kamis, 02 Desember 2021 | 13:32       Dibaca 138 kali

Pertemuan Kakankemenag dan Kasi Pendis dengan perwakilan Tanoto Foundation

Bontang (Humas) - Usai penyerahan secara simbolis bantuan berupa Hand Washing Station dan Thermogun kepada perwakilan madrasah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bontang H M Izzat Solihin langsung menerima kunjungan dari Tanoto Foundation yang diwakilkan oleh Sandra Lakembe dan Boni guna membahas strategi peningkatan kualitas PBM di madrasah selama masa pandemi, Kamis (2/12) pagi tadi. Pertemuan berlangsung di ruang rapat Kepala Kankemenag Kota Bontang dan dihadiri juga oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam H Rais.

Diterangkan oleh Sandra bahwa sekarang ini para guru benar-benar dituntut untuk bisa mengoperasikan perangkat lapto atau komputer guna menunjang Proses Belajar Mangajar (PBM) di madrasah. "Perubahan dari yang sebelum pandemi masih tatap muka menjadi daring jelas membutuhkan peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi yang serba digital. Inilah yang masih menjadi kendala dalam kegiatan PBM hingga saat ini. Perlu pendekatan dan strategi khusus agar para guru bisa mengikuti perubahan yang ada sekarang ini," jelas Sandra.

"Tujuan kami dari Tanoto Foundation adalah bagaimana meningkatkan kualitas guru dalam PBM khususnya selama masa pandemi berlangsung hingga kedepan nanti. Nantinya jika kualitas guru sudah meningkat maka madrasah tentu sudah bisa mandiri dengan menerapkan dan berinovasi terhadap ilmu yang sudah diberikan," tambahnya lagi.

Sementara itu, dari Kasi Pendis menyampaikan dari beberapa madrasah di Kota Bontang yang terpilih sebagai mitra ada yang masih kurang aktif dalam menjalankan program yang diberikan. Hal tersebut menurutnya menjadi kendala bagi perkembangan madrasah itu sendiri sehingga perlu untuk dicarikan penggantinya.

"Program dari Tanoto ini bisa dijalankan jika mendapat dukungan dan peran aktif dari kepala madrasahnya. Dengan begitu kemampuan para guru juga bisa ikut meningkat dan berkembang dalam menerapkan PBM selama masa pandemi. Nantinya jika sudah ditetapkan madrasah mitra yang baru maka perlu untuk diberikan pendampingan agar bisa mengikuti perkembangan yang terbaru," sebutnya.

Dari hasil pembahasan tersebut Kakankemenag langsung menginstruksikan Kasi Pendis untuk segera mencari madrasah mitra baru yang benar-benar aktif dan perduli terhadap perkembangan para gurunya. "Sebaiknya kita bersama-sama turun ke lapangan untuk melihat layak tidaknya madrasah tersebut menjadi mitra Tanoto Foundation. Selanjutnya barulah kita mencari cara untuk penguatan dan strategi yang tepat untuk mengejar ketertinggalannya dari madrasah mitra lainnya," tegasnya. (sch)

Kontributor: Humas Kemenag Bontang
Editor: Windy Adi Rumawan