Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru pada SMA/SMK

Senin, 10 Januari 2022 | 06:10       Dibaca 89 kali


Samarinda (Humas-Kemenag) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru pada SMA/SMK Adalah proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi serta memberdayakan guru yang kompoten, berbudi dan berdaya saing dalam melaksanakan tugas profesinya, serta memiliki performa sebagai pendidik.

Pembukaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru pada SMA/SMK se Kota Samarinda, Sabtu (08/01) di SMA N 3 Samarinda dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Dr. H. Baequni, M.Pd., didampingi Ketua Pokjawas PAI  di Lingkungan Kemenag Kota Samarinda H. Yaman, M.Pd serta Kepala SMA N 3 Samarinda., dalam sambutan sekaligus menjadi Narasumber, menyampaikan Apresiasi dan memyambut baik kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada SMA/SMK se Kota Samarinda

H. Baequni., juga mengajak agar menjadi ASN yang sumringah, pegawai yang bergembira, riang tetapi usul kita juga dimaksudkan sebagai kepanjangan dari affirmative, sistemic, dan networking team (santun melayani, rasa ikhlas mengabdi untuk amal dan ibadah).

Selain pola kerja, disampaikan juga bahwa guru sebagai figur yang ditiru harus memberi teladan sifat moderat dalam beragama, yaitu sifat yang berdasarkan prinsip adil dan seimbang dalam mempelajari, memahami dan melakasanakan ajaran agama, sehingga Guru harus dapat membuka peluang untuk dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan berorientasi moderasi tersebut.

Menurutnya, guru serta tenaga kependiidkan lainnya mempunyai peran strategis dalam pegembangan Sekolah / Madrasah. “ Guru  agar menjamin keberlangsungan proses pembelajaran peserta didik, baik dari aspek penyiapan, proses, pelaksanaan, evaluasi dan supervisi akademik, serta pihaknya akan terus memperkuat lagi terkait moderasi beragama tersebut. Ia memiliki gagasan untuk bisa membuat jejaring antar lembaga untuk edukasi moderasi beragama sehingga Sekolah / Madrasah akan menjadikan peningkatan prestasi belajar peserta didik menjadi target utama dalam outcome pembelajaranya,” sebut H. Baequni., (han)

Kontributor : Humas Kemenag Samarinda 

Editor : Ruhainah