H.Masrawan : Dukung dan Sukseskan Tujuh Program Prioritas Kemenag Tahun 2022

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:13       Dibaca 163 kali


Samarinda_(Humaskaltim), Hari ini. Rabu, 12/01 Berlokasi di Swiss Bel Hotel Samarinda, Sub bag. Perencanan , data dan Informasi pada bagian Tata  Usaha Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Timur, menggelar Rapat Kerja bersama seluruh jajaran Kementerian Agama di wilayah Kerja Kalimantan Timur. Rudi Kartono, Selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan, kegiatan ini diikuti 69 orang peserta  terdiri, pejabat eselon III pada Kanwil Kemenag Kaltim sebanyak 8 orang, Kepala Kemenag se Kalimantan Timur 10 orang, Kepala MAN 11 orang, Kepala MTsN 17 orang, Sub Koordinator pada Bagian Tata Usaha 5 orang, Sub Koordinator dan staf pada Bimas 8 orang serta Kasubag TU Kemenag Kab/Kota 10 orang.

Rudi juga melaporkan bahwa untuk realisasi anggaran update data 11 Januari 2022 pukul 10.00 Wita dengan pagu anggaran Rp. 616.618.784.000,- per tanggal tersebut realisasi anggaran sebanyak Rp. 613.919.059.542,- dengan prosentasi 99,56 % dengan catatan sudah termasuk UPT asrama haji Balikpapan dan masih ada pagu Minus. 

H. Masrawan, dalam arahannya memaparkan bahwa ada Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama Tahun 2022 terdiri atas, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Religiousity Indeks, Cyber Islamic University, Kemandirian Pesantren, Penguatan Moderasi Beragama, dan Tahun Toleransi. Semua ini yang harus kita dukung dan Kita Sukseskan Dengan  menyesuaikan  program dan kegiatan yang ada di satker masing-masing.

Terkait dengan langkah-langkah pengelolaan anggaran tahun 2022 ini, menurut H. Masrawan, dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan, serta untuk mewujudkan belanja pemerintah yang lebih berkualitas dan mendukung penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, maka langkah-langkah yang harus dilaksanakan adalah, melakukan perbaikan perencanaan dengan segera merevisi anggaran yang perlu ada penyesuaian serta melengkapi dokumen bagi anggaran yang masih terblokir, mempercepat pelaksanaan program/kegiatan /proyek dengan segera tetapkan / buat SK pejabat pengelola anggaran dan lengkapi administrasi keuangan dan dokumen pendukung lainnya.

H. Masrawan kembali menambahkan untuk langkah-langkah yang lain yaitu percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan catatan jika ada pengadaan barang /belanja modal atau rehab bangunan dengan nilai di bawah 200 juta, saya minta harus sudah selesai paling lambat bulan Maret/ Triwulan 1 tahun ini,  Mempecepat dan meningkatkan ketepatan penyaluran dana bantuan kepada ormas keagamaan / masyarakat, meningkatkan monitoring dan evaluasi serta kontrol dari pimpinan /pengawasan, semua pengelolaan anggaran tetap menjaga transparansi, akuntabilitas dan tata kelola yang baik.

Kegiatan berlanjut dengan pemberian Penghargaan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/ kota serta madrasah dari berbagai penghargaan diantaranya, Realisasi Anggaran Tertinggi yang diberikan kepada Kemenag Kutai Barat Bimas Hindu 99.97 % , Kemenag Balikpapan Bimas Kristen 99.93 %, Kemenag Balikpapan Bimas Budha 99.92 % .

Kontributor Berita Tertinggi pada website Kanwil Kemenag Prov. Kaltim diberikan Kepada  Kantor Kemenag diterima oleh  Kemenag Kota Bontang, Kemenag Paser dan Kemenag Kota Balikpapan, sedangkan untuk kategori Madrasah diterima oleh MTsN 1 Paser, MTsN 1 Kukar, dan MAN IC Paser.

Di raker ini juga diberikan pengelola data Emis terbaik yang diterima oleh Kemenag Samarinda, Kemenag Bontang, Kemenag Kukar, Kemenag Kubar dan Kemenag Berau. dan masih banyak lagi penghargaan-penghargaan lainnya yang juga diberikan pada kegiatan ini dengan beda kategori yang ada. (ina)