MAN Paser Gelar Jumat Bersih dan Sehat

Jumat, 14 Januari 2022 | 10:05       Dibaca 18 kali

Siswa, guru dan pihak tata usaha laksanakan senam bersama dan kebersihan lingkungan madrasah

Paser (Madrasah) -  Seluruh warga MAN Paser yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa dan siswi melakukan kegiatan jumat bersih dan sehat. Jumat sebelum memulai pelajaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Jum'at (14/1).

Kegiatan jumat sehat yang dilakukan adalah melaksanakan senam kesegaran bersama dihalaman madrasah selama kurang lebih 20 menit yang dipandu oleh beberapa pemandu senam dari guru dan siswa. Sedangkan kegiatan jumat bersih adalah melakukan kebersihan lingkungan sekitar madrasah lebih kurang 10 menit.

Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Ahdi Hendranu, S.Pd mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk membiasakan dalam menciptakan jiwa dan lingkungan yang sehat terhadap siswa dan seluruh warga madrasah.

"Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," ungkap Ahdi.

Sementara itu, koordinator pelaksanaan Adiwiyata MAN Paser Agil Siswadi mengatakan pada Jum'at kali ini sebagian siswa yang sudah ditugaskan untuk mengolah sampah pada masing-masing kelas juga memilah dan mengolah sampah yang ada di bank sampah madrasah.

"Sampah kering seperti kertas dan bekas minuman mineral nantinya akan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sedangkan sampah basah seperti daun dan lain-lain akan dijadikan kompos untuk dimanfaatkan sebagai pupuk," ujar salah satu guru matematika ini.

Pada setiap hari Jum’at dan Senin, siswa, pendidik dan tenaga kependidikan hadir dilingkungan madrasah lebih awal dari waktu biasa. Karena pada hari tersebut terdapat kegiatan sebelum memulai pelajaran, yakni senam dan mengadakan kebersihan pada hari jumat, sedangkan pada hari senin kegiatan upacara bendera. (doel)

Kontributor: Humas MAN Paser
Editor: Windy Adi Rumawan