Antusias Siswa Belajar Dengan Fasilitas di Perpustakaan Ulul Albab MAN IC Paser

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:19       Dibaca 165 kali

Kegiatan di Perpustakaan MAN IC Paser

Paser (Madrasah) - Ruangan koleksi Buku dan audio-visual bahkan outdoor Perpustakaan Ulul Albab MAN IC Paser dipenuhi siswa-siswi MAN IC Paser asal kelas XII IPS dan XI IPS yang berjumlah 46 orang, Jum'at (14/01/2022). Mata pelajaran yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan adalah Ustazah Zakkiya Kholida, S.S. pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris dan Ustazah Mahfuzah Hidayati, S.Pd. pengampu mata pelajaran Sejarah Minat. Pada mata pelajaran Bahasa Inggris, mereka memanfaatkan buku-buku TOEFL dan buku Bahasa Inggris untuk persiapan UTBK di Perguruan Tinggi.

"Perpustakaan sangat membantu dalam variasi pembelajaran dan model yang ingin digunakan oleh guru," hal itu diungkapkan oleh Ustazah Kiki.

Dari beberapa anak yang berkunjung ke perpustakaan menyatakan bahwa Perpustakaan Ulul Albab sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Hal itu, seperti diungkapkan oleh Indira, siswi Kelas X IPS.

"Saya terbantu khususnya dalam mencari sumber buku dan sumber lain untuk melengkapi tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bisa itu tugas kelompok ataupun tugas individu," ujar Indira.

Perpustakaan Ulul Albab juga menyediakan fasilitas WIFI yang bisa digunakan oleh siswa untuk mengirimkan tugas yang bersifat online.

"Perpustakaan menjadi pusat pelajaran Sejarah, karena sejarah tidak bisa diajarkan hanya melalui gambar dan teks yang ada di buku pelajaran saja, bagian penting sejarah adalah penanaman nilai dan karakter yang biasanya disampaikan melalui film/video dokumenter," papar Mahfuzah, guru Sejarah MAN IC Paser.

Guru-guru di MAN IC Paser sering memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa. Sesuai jadwal layanan setiap hari Jum'at dan Sabtu Perpustakaan Ulul Albab memberikan kesempatan kepada siswa untuk meminjam koleksi fiksi untuk dibaca, sehingga peminjaman waktu hari tersebut biasanya meningkat dari pada hari biasa. (Mahfuzah)

Kontributor: Humas MAN IC Paser
Editor: Windy Adi Rumawan