Syafaruddin, S.Ag: Jadikan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar yang Menarik.

Kamis, 27 Januari 2022 | 09:45       Dibaca 24 kali

peserta didik pengguna perpustakaan diluar jam pelajaran dikelas

Paser (Madrasah) – Salah satu dari peran penting perpustakaan madrasah adalah membantu peserta didik terlatih untuk belajar secara mandiri dan tidak menganggap guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Dengan bimbingan dari guru dan staf perpustakaan madrasah, siswa akan lebih kreatif dalam menggali hal-hal baru di luar yang disampaikan oleh guru dikelas.

Sebagaimana pada Kamis (27/01) terlihat beberapa siswa menggunakan jam istirahat mereka untuk berada di perpustakaan. Yang lebih penting adalah dengan memanfaatkan perpustakaan madrasah, siswa akan belajar mengidentifikasi kebutuhan informasinya, lalu mencari dan menemukan sendiri sumber informasinya yang relevan, setelahnya akan menemukan informasi yang dibutuhkan serta memanfaatkan informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Kepala Perpustakaan al-Hikmah MAN Paser, Syafaruddin, S.Ag mengatakan seiring dengan perkembangan dunia pendidikan tuntutan ragam pengetahuan, proses pendidikan pun menuntut perubahan pelayanan siswa.

"Pembelajaran tidak terpaku pada proses tatap muka di kelas, tetapi mampu menjadikan perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar," ungkapnya.

Sangat terlihat sebelumnya bahwa perpustakaan kurang diminati untuk digunakan sebagai sumber belajar karena banyaknya multimedia canggih yang lebih mudah dan cepat digunakan. Namun dengan perkembangannya Perpustakaan al-Hikmah sudah memulai dengan sistem digitalisasinya.

"Perpustakaan al-Hikmah harus mampu menjadi sumber, alat, dan sarana untuk belajar siswa yang memadai," pungkas Syafar(doel)

Kontributor: Humas MAN Paser
Editor: Windy Adi Rumawan