Kakan Kemenag Hadiri Pembukaan Karantina Tahfidz Qur’an MAN IC Paser

Rabu, 06 April 2022 | 09:04       Dibaca 25 kali

Kakan Kemenag Paser (H. Maslekhan) menghadiri dan memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Karantina Tahfidz Qur'an MAN Insan Cendikia Paser

Paser (Humas) – Pada Jum’at (1/4), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser berkesempatan hadir dalam rangkaian kegiatan Pembukaan Karantina Tahfidz Qur’an bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN Insan Cendikia Paser, Jalan Negara KM. 08 Desa Sempulang Tanah Grogot.

Kegiatan yang berlangsung semarak tersebut, juga dihadiri oleh beberapa pejabat diantaranya Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Kaltim H. Mohlis, Staf Ahli Bupati Paser Arif Rahman, Perwakilan Anggota DPRD Paser dan beberapa tamu undangan lainnya.

Mengawali kegiatan, setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan lantunan lagu Indonesia Raya, Plt. Kepala Madrasah Ismail menyampaikan sambutannya. Beliau melaporkan bahwa Karantina Tahfidz Qur’an merupakan kegiatan rutin dari peserta didik MAN IC yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadhan.

“Bapak/Ibu yang berbahagia, perlu kami informasikan bahwa kegiatan Karantina Tahfdz Qur’an ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh siswa/siswi MAN IC untuk kelas XI,” ungkapnya.

Kegiatan rutinan tersebut, dalam laporannya sedikit berbeda karena kegiatan tersebut dilaksanakan dengan metode hafalan maksimal 3 Juz saja. Sementara itu, waktu pelaksanaannya diterapkan dalam 1 bulan penuh sejak 28 Maret 2022 hingga 27 April 2022 bertepatan dengan 25 Sya’ban hingga 25 Ramadhan.

Menanggapi hal itu, Kakan Kemenag Paser H. Maslekhan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut dengan menyebut bahwa metode yang diterapkan tersebut sangat baik dan tidak menjadi beban bagi peserta. Namun tentu jika ada peserta yang mampu menghafal lebih dari target yang ditentukan itu jauh lebih baik.

“Bapak/Ibu. Tadi dalam perjalanan menuju kesini, saya bersama supir sedikit bercerita bahwa menghafal Qur’an ini jangan banyak-banyak. Karena kalau hafal sedikit lupanya juga sedikit, sebaliknya kalau menghafal banyak lupanya juga banyak. Jadi kegiatan ini sangat positif, dan apabila ada yang mampu menghafal lebih dari 3 Juz, ini patut untuk disyukuri,” ungkap H. Maslekhan dengan candaannya.

Sebagai acara puncak dalam kegiatan tersebut, selaku Staf Ahli Arif Rahman membacakan isi sambutan pembukaan dari Bupati Paser. Dalam isinya, apresiasi tinggi datang dari pemerintah terkait kegiatan positif dari MAN Insan Cedikia Paser.

“Dewasa ini Tahfidz Al-Qur’an menjadi sangat penting, bahkan ditayangkan dimedia dan pada program-program stasiun televisi swasta. Bahkan di MAN IC Paser juga turut diadakan Karantina Tahfidz Qur’an. Saya rasa kegaiatan yang dilaksanakan MAN IC Paser cukup baik,” bacanya dalam teks naskah sambutan.

Menutup rangkaian kegiatan tersebut, diakhir acara disematkan tanda peserta secara simbolis kepada empat perwakilan siswa/siswi MAN IC Paser. Penyematan tanda peserta sendiri dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Paser, Kakan Kemenag Paser, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Kaltim dan Anggota DPRD Kab. Paser yang juga selaku salah satu wali siswa. (bas)

Kontributor : Humas Kemenag Paser

Editor ; Ruhainah