Calon Jamaah Haji Kloter 01 BPN Menjalani Tes PCR

Senin, 20 Juni 2022 | 08:12       Dibaca 29 kali


Samarinda (Humas) Sebanyak 188 Calon Jamaah Haji Kota Samarinda yang tebagung di Kloter 01 BPN, menjalani tes PCR sebagai pemeriksaan tahap terakhir sebelum berangkat ke tanah suci Minggu, (19/06). 

Kepala Kantor Kemenag Kota Samarinda Dr. H. Baequni, M.Pd dan juga Ketua Kloter 01 BPN didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H. Ridla, mengatakan tes PCR ini merupakan tahap terakhir pemeriksaan. Sementara untuk pengecekan kesehatan lainnya sudah dilakukan. 

"Ini merupakan pemeriksaan tahap terakhir karena lusa (Senin Malam) sudah mau berangkat. Harapan kami tidak ada jamaah yang terkonfirmasi positif,"..

H. Baequni., menambahkan, hasil tes PCR ini merupakan permintaan dari pemerintah Arab Saudi dimana sebelum mendarat jamaah harus negatif dulu. "Sore besok hasilnya sudah keluar, untuk masa berlaku nya hingga 72 jam. Sehingga, pada saat jamaah sampai di Arab Saudi hasilnya masih negatif," tambahnya. 

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Samaeinda, mengatakan, dalam tes PCR ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. 

"Peran kami memfasilitasi dan selalu berkoordinasi dengan provinsi terkait dengan memantau perkembangan kesehatan para jamaah. Dalam pendataan juga kami koordinasikan dengan Kantor Kemenag Kota Samarinda," ungkapnya. 

jika dalam tes PCR ini ada jamaah yang terkonfirmasi positif maka akan dilakukan isolasi terlebih dahulu. 

"Kalau seandainya ada yang positif langkah kita akan melakukan isolasi terlebih dahulu. Karena memang kita lihat jadwal keberangkatan juga yang masih ada waktu. Tapi besar harapan kami jangan ada yang positif," ujarnya. 

Rasa syukur juga diungkapkan oleh Jamaah Haji 2022, Ardiansyah. Dia sangat bersyukur tahun 2022 ini dia dan istrinya bisa pergi menunaikan ibadah haji setelah menunggu puluhan tahun. 
 
"Untuk tahun 2022 ini memang beberapa hal dengan persiapan yang mendadak. Namun, Alhamdulillah semuanya dari unsur terkait bisa melaksanakan tugas sebagaimana yang kita harapkan," kata dia.  

"Alhamdulillah semua bisa terlayani, pengecekan terakhir ini tentu ada ketegangan. Tapi kalau saya pribadi optimis dan jangan menjadi suatu kekhawatiran. Kita dalam kondisi sehat. Saya dengan istri. (Han)