Peneliti Balitbang Kemenag RI Melakukan Penelitian KUA di Kab. Kukar

Jumat, 24 Juni 2022 | 06:43       Dibaca 82 kali


KUKAR (Humas) – Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Kartanegara H. Drs. Saifullah mewakili Kepala Kantor menerima kunjungan dari Peneliti Balitbang Kementerian Agama RI. Elma Haryani, S.Ag.,MA. Kamis(23/6).

Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Kutai Kartanegara kegiatan Penelitian Kualitatif ini dilakukakan pada pagi hingga menjelang sore hari. Obyek Penelitian yang dilakukan adalah melihat penyelenggaraan Kantor Urusan Agama (KUA) tidak hanya berorientasi pada urusan Pernikahan saja melainkan dengan layanan Agama dan Keagamaan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Elma pada saat bertemu Responden yang di akan diteliti. Penelitian kualitatif yang dilakukan Peneliti dari Balitbang Kemenag Pusat tersebut dilakukan hanya dengan menggunakan 3 sampel KUA dari 18 KUA yang ada di Kab. Kutai Kartanegara yaitu KUA Kecamatan Tenggarong, KUA Kecamatan Loa Kulu dan KUA Kecamatan Tenggarong Seberang masing-masing dihadiri Kepala KUAnya dan juga ditambah 2 Tokoh Agama dan dari Kalangan Pemuda sebagai sampling responden pada penelitian tersebut.

Elma juga menyampaikan maksud dan tujuan penelitiannya pada seluruh responden, mulai dari keberadaan KUA seperti apa, apa saja fasilitas yang telah dimiliki, pogram inovasi apasaja yang telah dilaksanakan dsb.

Lanjut Elma hasil penelitian ini akan ditindaklanjuti dan dijadikan dasar kebijakan pimpinan pusat untuk Perbaikan Pelayanan KUA kedepan di seluruh Nusantara. Kasubag Tata Usaha ditempat terpisah mengharapkan agar penelitian yang dilakukan oleh Peneliti Balitbang Kemenag RI tersebut bisa memperbaiki Pelayanan KUA di tengah-tengah masyarakat kedepannya. Lanjut Saifullah kami juga berharap agar kebijakan pemerintah Pusat juga berimbas pada perbaikan Tunjangan Kinerja Kepala KUA dan perangkat lainnya.(SU).